Tentang Kami


Yayasan Arisan Nasi Indonesia telah tercacat di AKTE NOTARIS dengan Akte nomor 340 tgl 25 April 2016, dibuat oleh Notaris Arie Prawira Sholeh, SH., M. KN. dan telah ditetapkan oleh Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Nomor : AHU-00209.AH.02.01 TAHUN 2015 Tanggal 06 April 2015 yang melaksanakan kegiatan mulai dari Kegiatan Sosial, Pendidikan, Keagamaan, kemanusiaan, Ekonomi dan Lingkungan.

Yayasan Arisan Nasi Indonesia merupakan yayasan sosial non-profit yg awalnya adalah komunitas teman-teman yang memiliki tingkat kepedulian  tinggi. Karena melihat keprihatinan kondisi di sekitar, mereka yang membutuhkan biaya untuk pengobatan, pendidikan, makanan dan lain-lain yang belum tersentuh atau kurang ditangani lebih maksimal ke individunya yang telah menggugah rasa empati kami.


LATAR BELAKANG

Cerita dan Kasus di bawah ini yang melatarbelakangi berdirinya Yayasan Arisan Nasi Indonesia (YANI), dan kasus ini juga adalah kasus yang pernah kami tangani.
  • Kami Terinspirasi mbah Asrori, yang setiap Jumat berkeliling dengan sepedanya untuk  membagikan nasi bungkus di surabaya.
  • Dina dan Fitri keluarga tidak mampu di daerah pesisir kota Cirebon dengan kondisi kedua orangtua sakit parah tidak mampu beraktifitas sama sekali. karena tidak mampu membayar SPP, Dina sang adik memutuskan keluar dari sekolah dan berangkat keluar negeri untuk jadi TKI, sedangkan Kakaknya Fitri gara-gara tidak ada biaya untuk mengambil Ijasah SMA, mau melakukan pekerjaan apa saja meskipun tidak halal untuk sesuap nasi, beruntung kami cepat membantu mereka sebelum mereka berangkat ke luar negeri.
  • Ananda CHANTIQA usia 7 bulan, dari ibu single parent dengan alamat perumahan bumi arumsari jln palem 3a no 107 Rt 02 Rw 13 Kabupatèn Cirebon yang sedang sakit Artresia Biliar, bingung karena ketidak tahuan dan ketidak mampuan dalam biaya, bingung mau mulai berobat kemana, alhamdulilah kami bantu tangani dengan merujuk kerumah sakit Ciremai dan RSCM Jakarta.

Dan masih banyak anak-anak, orang dewasa dan keluarga tidak mampu lainnya yang sangat membutuhkan bantuan kita seperti diatas tadi, meskipun adanya jamkesmas dan BPJS, mereka tetap tidak bisa berobat karena tidak ada biaya untuk transportasi, biaya hidup sehari-hari dan ketidaktahuan prosedur rumah sakit.

Kasus ini merupakan cerminan dari kondisi sosial di negara kita dalam kondisi yang seperti itulah kepedulian kita terhadap sesama sangat dibutuhkan, dengan merujuk kepada latar belakang tadi, ditambah kenyataan di lingkungan yang begitu banyak persoalan yang belum tersentuh layanan sosial, kiranya sudah tepat apabila saat ini, kami memikirkan suatu kegiatan sosial yang tepat sasaran dan langsung ke individunya .


DASAR PEMIKIRAN  TERBENTUKNYA 

Rasa keprihatinan di sekitar kita masih ada mereka yang membutuhkan untuk biaya hidup, biaya pengobatan karena kemiskinan, anak yatim, piatu dan dhuafa yang membutuhkan uluran tangan kita


 Al-Qur'an:

أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ - فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ - وَلَا يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِينِ.

1. Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?
2. Itulah orang yang meng-hardik anak yatim,
3. Dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. (QS. Al-Ma'un:1-3)


Hadits Nabi SAW:


قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أنا وكافل اليتيم في الجنة هكذا وأشار بالسبابة والوسطى (رواه البخارى و مسلم)
Rasulullah SAW bersabda: Aku dan penyantun anak yatim di dalam surga seperti ini, Rasulullah menunjukkan jari telunjuk dan tengah (berdampingan) (Hadits riwayat Imam Bukhari dam Imam Muslim)


MOTO : BERSAMA UNTUK BERBAGI 

Kegiatan Yayasan Arisan Nasi Indonesia (YANI) yang sudah berjalan selama 1 tahun lebih adalah sebagai berikut:
  • Dalam kegiatan sosial, Yayasan Arisan Nasi Indonesia telah memberikan bantuan berupa dana tunai atau berupa barang untuk modal usaha keluarga miskin
  • Dalam Bidang keagamaan Yayasan Arisan Nasi Indonesia telah memberi bantuan berupa dana tunai, berupa barang, berupa jasa mengadakan pengajian rutin, dan berupa tenaga seperti mencuci mukena untuk mesjid, Mushollah, panti asuhan dan tempat-tempat pengajian yang didirikan oleh masyarakat Cirebon dan sekitarnya.
  • Dalam bidang Kemanusian Yayasan Arisan Nasi Indonesia telah melakukan kegiatan seperti memberikan santunan berupa dana tunai, pengobatan gratis, mobil ambulans gratis untuk yang sakit, sembako, nasi box, pakaian, peralatan ibadah, buku-buku sekolah, kebutuhan anak-anak di panti asuhan, peralatan dan kebutuhan sekolah untuk anak-anak yatim piatu, keluarga miskin anak terlantar, anak jalanan, rumah singgah dan panti asuhan di daerah Cirebon dan sekitarnya.
  • Dalam bidang Kemanusian Yayasan Arisan Nasi Indonesia telah melakukan kegiatan seperti memberikan santunan berupa dana tunai, pengobatan gratis, mengantar ke rumah sakit, menyediakan Ambulance, nasi box, sembako, mengantar ke panti jompo, dan lain sebagainya di daerah Cirebon dan sekitarnya


TUJUAN DI BENTUKNYA YAYASAN ARISAN NASI INDONESIA
  • Tujuan Utama adalah terwujudnya pemenuhan hak dasar dan perlindungan terhadap para penyandang masalah kesejahteraan sosial dari kelaparan, kemiskinan, keterlantaran, pengobatan, dan partisipasi kegiatan sosial lainya agar dapat terwujud.
  • Memberi harapan dan semangat hidup untuk mereka yang mempunyai masalah karena kemiskinan dan kesehatan bahwa mereka tidak sendiri.
  • Meningkatkan iman dan taqwa dengan segala cara untuk mendekatkan diri kepada Alloh SWT serta memupuk ukhuwah islamiyah di wilayah pelaksanaan bantuan sosial di masyarakat.
  • Membantu meringankan beban kehidupan anak yatim piatu dan fakir miskin karena masalah yang di hadapi.
  • Mengaplikasikan dan memasyarakatkan rasa kepedulian dan perintah Allah SWT dari Al-Qur'an dan Al-Hadits dalam praktek kehidupan sehari-hari

VISI & MISI

VISI : Sebaik-baiknya manusia, adalah mereka yg BERMANFAAT UNTUK SEMUA ORANG

MISI :
  1. Menjadikan ARISAN NASI INDONESIA sebagai Media Edukasi, Komunikasi, Fasilitasi dan Advokasi bagi para penyandang masalah sosial, dalam pengumpulan dana atau modal sosial dari pemerintah ataupun para donatur dari seluruh penjuru dunia.
  2. Mewujudkan dan menyalurkan modal sosial kepada masyarakat di kota Cirebon dan sekitarnya seperti penyandang disabilitas, putus sekolah, anak terlantar, yatim piatu, keluarga miskin, para lanjut usia, agar maju. mandiri dan bermartabat.
  3. Menumbuh kembangkan terlaksananya gerakan kepedulian sosial dengan membangun kesadaran masyarakat yang memiliki aksi sosial dan lingkungan.
  4. Menciptakan YAYASAN ARISAN NASI INDONESIA sebagai lembaga sosial yang senantiasa siap dan tanggap terhadap permasalahan sosial dan senantiasa peduli pada pemberdayaan sosial di masyarakat dalam bidang pendidikan, kesehatan, wirausaha, perempuan, dan lingkungan agar mandiri dan bermartabat.
  5. Memenuhi hak asasi manusia untuk dapat hidup sesuai dengan qodrat kemanusiannya sebagai hamba Alloh, serta untuk mempertinggi derajat kehidupan dan penghidupannya sebagai kholifah di muka bumi ini.
  6. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta wawasan masyarakat melalui pemberdayaan yang berkelanjutan.
  7. Membentuk individu yang di pandang sebelah mata serta penyandang disabilitas untuk maju, mandiri, kreatif, kritis dan peduli terhadap permasalahan-permasalahan sosial di sekitarnya.
  8. Memiliki rumah singgah dan Usaha untuk member YANI dan target

SUSUNAN PENGURUS

Pembina: Sri Supriatin S.Sos
Pengawas: Ginawati
Ketua: Nelly Marlina
Bendahara: Dessy Melani
Sekretaris: Sri Maryani SE
Bidang Hubungan Masyarakat: Iin Kristina
Bidang Sosial: Ibu Santi
Bidang Keagamaan: Kristin & Tuti


KENAPA NAMANYA ARISAN

ARISAN agar seperti wajib bukan sedekah karena untuk saling mengingatkan pentingnya berbagi meskipun tidak diwajibkan atau SEIKHLASNYA.


PROSES PENYALURAN DANA SEDEKAH

Pada proses pencapaian tujuan akan mengikuti strategi langkah yang diperlukan dimana secara global alur yang harus dilalui merujuk kepada urgensi atau kebutuhan yang harus segera dibantu (prioritas).

Dimulai dari info yang kami terima, setiap informasi yang masuk akan segera disurvei untuk mengetahui alamat target dan kondisi sebenarnya.

Penyusunan jadwal bantuan melihat dari urgensi kebutuhan mendesak yang dibutuhkan dan harus segera ditangani.

Metoda layanan sosial lebih dititik beratkan kepada kegiatan operasional, seperti memberi bantuan berupa uang tunai, tenaga, mengantar ke rumah sakit, menyelesaikan masalah disekolah, bakti sosial pengobatan gratis, menyediakan Ambulance, pembagian sembako, nasi box dan lain sebagainya.

ALAMAT KANTOR

Perumnas Gunung Kelud D 8 no. 264 Rt. 003 Rw. 007 Kelurahan Kecapi, Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat

CARA IKUT BERPARTISIPASI :

Seperti arisan tapi tidak di kocok dan uang tidak kembali, karena hasil uang terkumpul tiap minggunya akan disedekahkan di hari jumatnya. Dalam bentuk nasi box, uang atau barang.

Arisan minimal 25 rb/minggu atau 100rb/bln atau seikhlasnya dan ini secara terus menerus tidak ada batas waktu (karena sedekah boleh lanjut atau tidak akan tetapi sebaiknya istiqomah).


INFO LEBIH LANJUT  (SOSIAL MEDIA) :

Pin BB: D15C2429
Whatsapp (WA): 081289851319
Facebook / FB: https://fb.me/yayasanarisannasi/ (Arisan Nasi)
Line: Arisan Nasi Indonesia
Instagram: arisannasiindonesia
Twitter: https://twitter.com/arisan_nasi (@arisan_nasi)
Youtube Channel: https://www.youtube.com/channel/UCSTc1EmngZzEkZcxbFCZo1g (Yayasan Arisan Nasi Indonesia)
Path: Yayasan Arisan Nasi Indonesia
Email: info@yani.or.id
Website: www.yani.or.id

Postingan populer dari blog ini

Press Release: Yayasan Arisan Nasi Indonesia; Tiap Jumat Makan Gratis untuk Dhuafa

Press Release: Mengenal Arisan Nasi Community

Berbagi bersama 50 anak yatim asuh YANI dari Kesunean 07 dan 09, Samadikun, Perum dan Kalijaga